PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Artikel >  Opini

Kegembiraan Hari Raya Idul Fitri adalah ”Down Payment” Kebahagiaan Hakiki di Akhirat Kelak

Selasa, 04 Juni 2019 22:40 WIB
kegembiraan-hari-raya-idul-fitri-adalah-idown-paymenti-kebahagiaan-hakiki-di-akhirat-kelak Dr Saidul Amin MA.
Oleh Dr Saidul Amin MA*

RAMADAN telah berlalu. Ada seribu harapan dan selaksa cemas di hati setiap Muslim. Harapan agar amal dan ibadah diterima Allah. Harapan agar pintu surga terbuka luas. Harapan agar bertemu di ramadhan akan datang. Hharapan, harapan, dan harapan lagi.Jiwa terasa cemas. Cemas amal tertolak. Cemas dahsyatnya api neraka. Cemas kalau usia tak sampai ke tahun depan. Cemas, cemas, dan cemas lagi.

Ramadan pada hakikatnya adalah revolusi peradaban. Perubahan total dari mentalitas penerima menjadi jiwa pemberi. Pribadi yang pasif menjadi aktif. Individu yang materealistik menjadi sosok yang spiritualistik. Sosok Pragmatis dan hedonis menjadi insan rahmatan lil alamin.

Kini kita berada di pintu gerbang Syawal. Hari ini kita bergembira. Tapi ingatlah, itu cuma kegembiraan sesaat, sementara, dan simbolis. Sebab kita sesungguhnya sedang  menunggu dan berharap kegembiraan yang hakiki bagi orang yang berhasil dalam berpuasa. Itulah kegembiraan ketika berhadapan dengan Allah di surganya nanti. Pada saat itu mereka bertemu dengan Allah dengan kerinduan tak terhingga dan Allah menanti dengan cinta yang tak berbatas.

Semoga kegembiraan di hari raya ini adalah ”down payment” (DP) untuk kebahagiaan hakiki di akhirat nanti. Insya Allah. ***

*Penulis adalah Ketua PW Muhammadiyah Riau
       
        Loading...    
           
Kategori : Opini
Loading...
www www