Ini Penyebab Kepulauan Riau Jadi Surga Penyelundup Beras

Ini Penyebab Kepulauan Riau Jadi Surga Penyelundup Beras

Ilustrasi gudang Bulog/stok beras. (foto: tempo.co)

Kamis, 19 November 2015 08:03 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kepala Sub Direktorat Penyidikan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Prijo Andono mengatakan Kepulauan Riau (Kepri) selalu menjadi daerah tertinggi dalam hal kasus penyelundupan beras. ”Dari 47 kasus yang kami himpun pada September 2015, 33 kasus berada di daerah Kepulauan Riau,” katanya saat menghadiri acara Sosialisasi Perlindungan Konsumen dan Penyelundupan Komoditi Beras, di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Ia menilai penyelundupan di Kepulauan Riau tersebut lebih mudah dilakukan karena banyaknya pelabuhan tradisional yang tersebar disana. Untuk itu diharapkan adanya sinergi antar lembaga pemerintah untuk menjaga pelabuhan tradisional dan daerah perbatasan. “Ini sangat penting karena minimnya jumlah anggota Bea Cukai,” kata Prijo.

Prijo berujar, kasus penyelundupan beras selalu meningkat setiap tahunnya, terutama selama tiga tahun terakhir. Ia merinci kenaikan angka kasus pada 2013 berjumlah 37 kasus, dan 2014 berjumlah 38 kasus, dan sementara untuk tahun ini hingga September 2015 sudah ada 47 kasus. “Peningkatannya dari tahun ke tahun cukup tinggi.”

Menurut Prijo, selama tiga tahu terakhir Bea Cukai sudah menindak 122 kasus penyelundupan beras. Dari 122 kasus tersebut 51 kasus berada Kepulauan Riau. Sisanya Batam 31 kasus, Tanjung Balai Karimun 4 kasus, Sumatera Barat 1 kasus, Aceh 8 kasus, Entikong 4 kasus, Bandung 1 kasus, Dumai 8 kasus, Jambi 2 kasus, Tanjung Pinang 5 kasus, Tembilahan 4 kasus, dan Tanjung Priok 1 kasus. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Nusantara
Sumber:Tempo.co
wwwwww