Kapolri Percayakan Pengamanan Pilkada kepada Brimob

Kapolri Percayakan Pengamanan Pilkada kepada Brimob

Salah satu atraksi Brimob.

Minggu, 15 November 2015 07:01 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan bahwa peran personel Brimob akan dimaksimalkan dalam pengamanan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 9 Desember 2015. "Sebagai pasukan utama Polri, Brimob akan ada di barisan paling depan melaksanakan pengamanan," ujar Badrodin dalam perayaan HUT ke-70 Brimob di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/11/2015). Menurut Kapolri, penanganan pilkada serentak merupakan salah satu agenda utama Polri ke depan.

"Ada tiga substansi kerja yakni, pertama, mewujudkan kamtibmas yang kondusif. Kedua, pengamanan dan pengawalan pada tiap tahapan. Ketiga, penegakan hukum saat pengamanan pilkada dengan transparan dan akuntabel," ujarnya.

Badrodin sudah mengecek kesiapan Brimob di jajaran polda, polres hingga polsek seluruh Indonesia. Hal yang dicek adalah jumlah personel, kesiagaan, hingga rencana kontigensinya. "Sejauh ini saya melihat sudah siap semua," ujar Badrodin.

Meskipun mengedepankan personel Brimob sebagai ujung tombak, bukan berarti pengamanannya berkarakter represif. Brimob akan dimaksimalkan jika situasi sudah tidak terkendali.

"Peran Brimob kan memang untuk menangani kejahatan berintensitas tinggi. Tapi yang jadi masalah kan itu tidak selalu ada," ujar Badrodin.

Brimob juga akan dimanfaatkan untuk membantu tugas satuan lain, misalnya patroli, intelejen, hingga pembinaan masyarakat. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
wwwwww