Tak Tahan Panas, 12 Jamaah Haji Indonesia Tewas di Arafah karena Dehidrasi

Tak Tahan Panas, 12 Jamaah Haji Indonesia Tewas di Arafah karena Dehidrasi

Umat Islam Muslim berdoa di Padang Arafah.

.
Kamis, 24 September 2015 08:42 WIB
ARAFAH, POTRETNEWS.com - Sebanyak 12 jemaah Indonesia meninggal di Arafah akibat dehidrasi dan heatstroke, menyusul udara yang sangat terik pada puncuk wukuf, Rabu sekitar pukul 12.00 Waktu Arab Saudi. Koordinator Balai Pengobatan Haji Indonesi (BPHI) Arafah, dr Agus Hidayat di Arafah, Arab Saudi, Rabu mengatakan sampai pukul 15.00 WAS jumlah jemaah yang meninggal mencapai 12 orang. "Sebanyak empat jemaah meninggal di BPHI, sedangkan delapan jemaah meninggal di (tenda) Maktab," ujarnya.

Sebagian jemaah yang meninggal berusia lanjut dan berisiko tinggi. Mereka kelelahan, dehidrasi, dan terkena heatstroke.

BPHI Arafah yang berlokasi di tenda Misi Haji Indonesia yang terletak antara Maktab 7 dan 18, penuh oleh jemaah yang sakit. Bahkan tenda petugas pun digunakan untuk merawat jemaah yang terkena dehidrasi dan heatstroke. "Total jemaah yang menjalani perawatan di BPHI mencapai 130 jemaah," kata Agus.

Sebagian sudah kembali ke kelompok terbang (kloter) masing-masing dan hanya 20 orang yang dirujuk ke RS Arafah. Data sementara jamaah yang meninggal adalah Muhammad Sodik Palil, (61) dari SUB037, Djani (67) dari SUB033, Nurhayati (62) dari BTJ 06, dan Hamid (65) dari BTH 04.***

(***)
Kategori : Nasional
Sumber:kompas.com
wwwwww