Berbahaya, Jangan Berikan Madu Pada Anak di Bawah Usia 1 Tahun

Berbahaya, Jangan Berikan Madu Pada Anak di Bawah Usia 1 Tahun

Ilustrasi. (sumber: internet)

Sabtu, 23 Desember 2017 08:01 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Madu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari atasi gangguan pencernaan, kekebalan tubuh sampai mengobati jerawat. Tapi, ternyata, madu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak di bawah usia 1 tahun. Madu bisa berbahaya jika dikonsumsi bayi. "Ada kuman yang sangat suka dengan madu, namanya Clostridium Botulinum," ujar dr Ariani Dewi Widodo SpA (K).

Ia menjelaskan, bakteri itu memproduksi racun botulin penyebab terjadinya botulisme. Yakni, penyakit yang menyebabkan kekakuan otot yang terkadang bersifat fatal. Oleh karena itu sangat berbahaya jika madu ini dikonsumsi oleh bayi.

"Nah, yang bahaya kalau pelumpuhan di otot nafas. Jadi karena resiko terlalu tinggi, madu tidak boleh dikasih pada anak di bawah usia 1 tahun," tegasnya lagi.

Jika bakteri itu masuk ke dalam tubuh, ia akan tumbuh di dalam usus dan melepaskan neurotoxin yang dapat mengakibatkan kelumpuhan otot-otot sehingga anak mengalami diare atau tidak bisa buang air besar.

Dilansir potretnews.com dari kompas.com, madu yang asli atau sudah dicampur dalam makanan juga tidak disarankan untuk diberikan pada bayi berusia kurang dari 12 bulan.

Menurut ahli pengobatan natural dan holistik dr Ivan Hoesada, madu berkualitas baik umumnya tidak mengandung bakteri Clostridium Botulinum. Perlu diketahui, kandungan antioksidan dalam madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

"Pada anak usia setahun keatas yang sedang aktif bergerak, madu bisa diberikan sebagai sumber energinya," kata Ivan. ***

Editor:
Sahril Ramadana

Kategori : Kesehatan
wwwwww