PotretNews.com Kamis 30 Maret 2017
Home >  Artikel >  Kesehatan

Sering Makan Kol, Ternyata Bisa Cegah Kanker dan Sakit Jantung

Sering Makan Kol, Ternyata Bisa Cegah Kanker dan Sakit Jantung

ilustrasi

Selasa, 17 Mei 2016 14:32 WIB

KOL adalah sayuran yang dipenuhi dengan nutrisi bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat terbaik dari mengonsumsi kol, setidaknya dua kali dalam seminggu dapat mencegah kanker.

Hal ini karena kol selain dilengkapi nutrisi juga disertai dengan senyawa-senyawa alami yang ampuh melawan kanker. Berikut uraian selengkapnya sebagaimana dikutip Boldsky, Selasa (17/5/2016).

Mencegah kanker

Kol memiliki senyawa sulphoraphane yang dapat melawan kanker. Selama beberapa dekade para ilmuwan melakukan penelitian tentang senyawa ini dan laporan mereka mengatakan, konsumsi kol secara rutin berkaitan dengan rendahnya risiko kanker.

Ads
Selain itu, sulphoraphane juga dapat menghambat enzim HDAC yang berbahaya, karena berperan dalam mengembangkan kanker. Kemampuan ini menjadikan kol sebagai makanan super.

Selain itu, kol juga mengandung senyawa apigenin yang telah dikenal dapat mengurangi ukuran tumor. Para ilmuwan mengklaim bahwa di masa depan apigenin berpotensi menjadi elemen inti untuk pengobatan kanker non-toksik.

Meningkatkan kekebalan

Kol sangat kaya vitamin C yang merupakan nutrisi utama untuk membangun sistem kekebalan. Karena itu, menambahkan kol ke dalam diet bisa memenuhi asupan vitamin C. Selain itu, kol juga dikemas dengan serat yang membantu mengontrol sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kol dilengkapi dengan probiotik yang membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Selain itu, mikroba sehat dari kol juga membantu menyerap vitamin dan mineral. Ini adalah salah satu manfaat dari mengonsumsi kol bagi kesehatan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kol mengandung antosianin yang mengurangi risiko peradangan dan pada akhirnya membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Sebuah survei terbaru menunjukkan bahwa konsumsi secara teratur makanan kaya flavonoid seperti kol dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kol juga mengandung tinggi polifenol yang membantu mengurangi tekanan darah. Jadi, makan kol dua kali seminggu dapat meningkatkan kesehatan Anda. ***


editor: wawan s
sumber: okezone.com

loading...
Kategori : Kesehatan
www www