Mulai Cegah Batu Ginjal hingga Kanker, Ini 8 Khasiat Seledri!

Mulai Cegah Batu Ginjal hingga Kanker, Ini 8 Khasiat Seledri!

Ilustrasi seledri. (foto: merdeka.com/shutterstock/karissaa)

Kamis, 01 Oktober 2015 08:39 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Masyarakat Indonesia tentunya sudah tak asing dengan seledri. Seledri adalah salah satu sayuran hijau yang biasa digunakan sebagai bahan dalam masakan. Seledri berada dalam family yang sama dengan peterseli, namun mengandung lebih sedikit klorofil. Selama ini seledri diketahui bahwa seledri bisa menurunkan tekanan darah. Namun ternyata manfaat seledri tak hanya itu saja. Masih banyak lagi manfaat seledri yang belum diketahui. Daun seledri mengandung banyak vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C yang kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, sodium, dan asam amino.

Berikut adalah beberapa manfaat seledri, mulai dari menangkal batu ginjal hingga kanker, seperti dilansir oleh Juicing for Health.

1. Kanker
Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan zat anti kanker di dalamnya. Di antaranya adalah acetylenics yang diketahui bisa menghentikan pertumbuhan sel tumor. Phenolic acids yang ada di dalamnya juga diketahui bisa menghambat prostahlandins yang memicu pertumbuhan sel tumor. Seledri juga diketahui bisa mencegah radikal bebas yang akan merusak sel.

2. Kolesterol
Jus seledri diketahui bisa menurunkan tingkat kolesterol buruk dalam tubuh, serta menurunkan tingkat kolesterol secara keseluruhan.

3. Kanker perut dan usus besar
Phytocemical yang ada di dalam seledri mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus besar serta kanker perut.

4. Konstipasi
Seledri juga mengandung efek laksatif alami yang membantu meredakan konstipasi. Seledri juga membantu menenangkan saraf yang bekerja terlalu keras akibat zat laksatif yang dibuat manusia.

5. Fungsi ginjal
Seledri memperbaiki fungsi ginjal akan bisa bekerja lebih baik. Seledri juga membantu ginjal mengeluarkan racun dari tubuh. Sementara mengeluarkan racun, seledri juga mencegah pembentukan batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah
Minum jus seledri selama satu sampai tiga minggu diketahui bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini karena zat bernama pthalides dalam seledri membantu arteri menjadi lebih tenang dan santai. Ini akan membantu darah mengalir lebih lancar.

7. Sistem saraf
MIneral dalam jus seledri juga diketahui bisa menenangkan sistem saraf. Ini membuat jus seledri cocok untuk mengatasi Anda yang sedang mengalami insomnia.

8. Mencegah kencing batu
Efek diuretik yang diberikan jus seledri akan membantu melancarkan pengeluaran zat sisa dalam tubuh. Dengan begitu, seledri juga bisa mencegah terbentuknya batu dalam kandung kemih yang bisa menyebabkan penyakit kencing batu.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus seledri atau makan seledri. Jika ingin mendapatkan manfaat di atas, Anda bisa mencoba mengonsumsinya setiap hari.***

(M Yamin Indra)
Kategori : Kesehatan
Sumber:Merdeka.com
wwwwww