Ingat, Hal Ini Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia

Ingat, Hal Ini Penyebab Kematian Tertinggi di Dunia

Ilustrasi tekanan darah. (foto: merdeka.com/shutterstock)

Minggu, 13 September 2015 07:25 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Para ahli mengatakan bahwa 21 persen dari kematian global dapat dikaitkan dengan tingginya konsumsi daging merah dan minuman berpemanis, dan kurangnya konsumsi buah, sayuran dan biji-bijian. Secara keseluruhan, tekanan darah tinggi menempati tempat pertama dalam daftar 10 faktor risiko yang berhubungan dengan kematian global. Kondisi ini berkontribusi pada 10,4 juta kematian di dunia. Tekanan darah tinggi tumbuh 39,9 persen untuk perempuan dan 59 persen untuk laki-laki.

Menurut laporan Daily Mail (11/9/2015), faktor risiko yang diteliti dalam penelitian ini memberikan kontribusi terhadap total 30,8 juta kematian pada 2013, naik seperlima dari 25,1 juta kematian pada tahun 1990.

"Ada potensi besar untuk meningkatkan kesehatan dengan menghindari risiko tertentu seperti merokok dan pola makan yang buruk serta menanggulangi risiko lingkungan seperti polusi udara," ungkap Dr Christopher Murray, direktur Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME).

Berikut adalah sepuluh penyebab kematian tertinggi untuk pria dan wanita di seluruh dunia pada tahun 2013:

1. Tekanan darah tinggi

2. Merokok

3. Indeks massa tubuh yang tinggi

4. Kadar gula darah yang tinggi

5. Konsumsi garam yang berlebihan

6. Kurangnya konsumsi buah-buahan

7. Polusi udara di luar ruangan

8. Polusi udara yang berasal dari peralatan rumah tangga

9. Kolesterol tinggi

10. Alkohol

Penelitian yang dipimpin oleh IHME ini telah diterbitkan dalam jurnal Lancet. Dalam penelitian ini, para ahli menganalisis 79 risiko kesehatan dengan menggunakan data dari 108 negara - yang diambil dari tahun 1990 hingga 2013.

(Mario A Khair)
Kategori : Kesehatan
Sumber:Merdeka.com
wwwwww