Menyeramkan, Asteroid Halloween Diperkirakan akan Lintasi Bumi pada November 2018

Menyeramkan, Asteroid Halloween Diperkirakan akan Lintasi Bumi pada November 2018

Asteroid berupa tengkorak wajah, yang dijuluki Asteroid Halloween. (sindonews.com).

Selasa, 26 Desember 2017 09:01 WIB
NEW YORK, POTRETNEWS.com - Asteroid bernama 2015 TB145 kembali menghantui Bumi 2018. Asteroid berbentuk tengkorak wajah yang dijuluki 'Asteroid Halloween' itu pertama kali dilalui 300.000 mil dari Bumi pada 31 Oktober 2015 lalu. Sebuah batuan berbentuk tengkorak yang menyeramkan itu diperkirakan kembali melintasi Bumi pada November 2018. Namun jaraknya lebih jauh dari saat benda ini melintas pada 2015 lalu.

Pablo Santos-Sanz, seorang astrofisikawan dari Institut Astrofisika Andalusia di Spanyol, mengatakan dalam sebuah pernyataan awal minggu ini. ”Ini berarti bumi akan sangat gelap, namun hanya sedikit lebih reflektif daripada arang,” ujarnya.

Menurut Santoz, para astronom masih menantikan tampilan kedua pada batuan berbentuk tengkorak, karena benda ini jangkauan lintasannya sangat unik dan menarik untuk dipelajari.

''Meskipun tahun 2018 tidak akan begitu menguntungkan, namun kita akan dapat memperoleh data baru yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan kita, saat benda itu mendekati planet kita.'' tutur Santos seperti dilansir dari The Sun.

Dikutip dari sindonews.com, pada 2015, Asteroid Spooky berada di jarak yang relatif dekat dengan bumi, yaitu 486.000 km saja atau sekira 1,3 kali jarak ke bulan. Asteroid aneh ini pertama kali ditemukan oleh para astronom pada 10 Oktober 2015 dengan teleskop Pan-STARRS di Hawaii.

NASA pun menangkap gambar asteroid ini menggunakan Teleskop Radio Green Bank di West Virginia dan Radio Arecibo di Puerto Rico. Dalam pengamatan keduanya, asteroid ini kadang-kadang terlihat menyerupai tengkorak manusia karena kondisi pencahayaan pada momen tertentu. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Internasional
wwwwww