Saat Pasar Koran Terus Tergerus Online, Raksasa Internet Cina Justru Beli Harian Hongkong Senilai Rp3,7 Triliun

Saat Pasar Koran Terus Tergerus Online, Raksasa Internet Cina Justru Beli Harian Hongkong Senilai Rp3,7 Triliun
Senin, 14 Desember 2015 23:58 WIB
HONGKONG, POTRETNEWS.com - Mengejutkan! Di tengah kondisi dunia persuratkabaran yang terus tergerus oleh media online, raksasa internet Cina, Alibaba, justru membeli koran Hongkong, South China Morning Post, dengan nilai fantastis. Alibaba akan membayar US$266 juta atau Rp3,7 triliun untuk menguasai perusahaan koran Hong Kong tersebut. Kelompok surat kabar tersebut mengungkapkan nilai penjualan lewat sebuah pernyataan yang diajukan pada pasar saham Hong Kong. Kesepakatan telah diumumkan pada hari Jumat (11/12/2015) lalu.

Selain koran berbahasa Inggris itu, Alibaba juga akan memiliki situs internet dan majalah perusahaan media tersebut.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14122015/potretnewscom_tsxjt_135.jpg

Akuisisi ini menimbulkan pertanyaan karena kedekatan hubungan pendiri Alibaba, Jack Ma, dengan Beijing.

Tetapi Alibaba menjanjikan redaksi koran tersebut tetap memiliki kemandirian dan mengatakan akan mengembangkan koran itu dengan menggunakan keunggulan teknologinya.

Kelompok surat kabar itu menyatakan akan mendapatkan HK$1,4 juta lewat penjualan tersebut. Sebagian besar uangnya akan dibagikan lewat dividen kontan khusus.

Koran tersebut didirikan pada tahun 1903 tetapi keuntungan dan penjualannya mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir sama seperti dialami surat kabar di banyak negara lain. ***

(wawan setiawan)
Kategori : Internasional
Sumber:serambinews.com
wwwwww