Ada-ada Saja, Kaum Ini Yakin Olahraga di Kuburan Bikin Umur Panjang

Ada-ada Saja, Kaum Ini Yakin Olahraga di Kuburan Bikin Umur Panjang

Warga berolahraga di lingkungan Pemakaman Umum Warren Hills di Harare, Zimbabwe. (foto: ap/tsvangirayi mukwazhi)

Senin, 14 September 2015 07:01 WIB
HAHARE, POTRETNEWS.com - Sejumlah warga Zimbabwe percaya dengan berolah raga di kompleks pemakaman akan memperpanjang usia mereka. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh Caralone Vumbunu yang meyakini bahwa latihan yang dilakukan di kuburan mampu untuk memperpanjang umurnya. Saban pagi, Caralone yang berusia 59 tahun, rela berkeringat-keringat dengan berjalan di kuburan Warren Hills di Harare, ibu kota Zimbabwe. Dia tidak sendirian, pemakaman itu pun menjadi tempat pelatihan puluhan warga lain akibat kurangnya fasilitas olah raga di daerah perumahan di Harare.

Pukul lima pagi waktu setempat, kuburan itu dipenuhi puluhan pria dan wanita dalam beberapa kelompok yang berlatih rutin. Umumnya mereka dipimpin seorang instruktur. Menurut Caralone, satu-satunya tempat berolahraga dan tidak terganggu adalah di kuburan.

"Terlalu berisik jika berolahraga di rumah," kata Caralone seperti yang dikutip dari laman New York Post, Jumat, 11 September 2015.

Sementara itu, Jimmy Jones mulai berolahraga di kuburan setelah pindah dari Mbare, kota miskin di pinggiran di Harare. Namun ia masih beruntung kota miskin tersebut menyediakan stadion, gym, kolam renang, dan ruang publik.

"Saya sangat mementingkan kecerdasan. Mimpi buruk ketika pindah ke tempat ini, tapi lama kelamaan olahraga di pemakaman bukan masalah besar. Dan ternyata hasilnya memang sempurna," ujar Jones.

(Akham Sophian)
Kategori : Internasional
Sumber:Tempo.co
wwwwww