Disbun Dinilai Setengah Hati Promosikan Inhil sebagai ”Bumi Hamparan Kelapa Dunia”

Disbun Dinilai Setengah Hati Promosikan Inhil sebagai ”Bumi Hamparan Kelapa Dunia”

Ilustrasi.

Jum'at, 30 September 2016 12:19 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi RiauJunaidi menilai Dinas Perkebunan (Disbun) setempat belum sepenuh hati ikut mempromosikan wilayah yang dikenal sebagai Bumi Hamparan Kelapa Dunia. Menurut dia, seharusnya Disbun lebih baik lagi dalam upaya mengangkat ikon kabupaten tersebut dibanding apa yang digagas oleh Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Inhil.

Junaidi memberi contoh, Distamben telah membuat ornamen lampu penerangan jalan umum (PJU) bermotif kelapa. "Seharusnya Dinas Perkebunan memperlihatkan semangat dan keseriusan lebih, minimal dengan upaya penyelamatan kebun kelapa rakyat," katanya.

Junaidi yang juga merupakan Ketua Komisi II DPRD Inhil, menyebutkan, instansi terkait perlu sedikit cerdas menyikapi hal ini, agar nantinya bisa berjalan dengan baik untuk masyarakat.

"Ketika kita menyimbolkan daerah kita sebagai daerah perkebunan kelapa, tentu harus sinkron juga dengan penyelamatan kebun kelapa. Apalagi kebun rakyat banyak terkenal intrusi air laut yang mengakibatkan kelapa petani-petani kita mati, begitu juga akibat hama kumbang," tuturnya.

Junaidi sangat menyayangkan dan mengaku sedih melihat stagnasi dan kurang maksimalnya kinerja Disbun Inhil dalam upaya penyelamatan kebun perkelapaan masyarakat. ***

wwwwww