Home > Berita > Riau
Memaknai 59 Tahun Provinsi Riau

20 Tokoh Ditabalkan Menjadi ”Pahlawan Daerah” Riau, Gubernur Arsyadjuliandi: Ayo Kita Teruskan Cita-cita Mereka…

Kamis, 18 Agustus 2016 19:49 WIB
Advertorial
20-tokoh-ditabalkan-menjadi-pahlawan-daerah-riau-gubernur-arsyadjuliandi-ayo-kita-teruskan-citacitaGubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman memasangkan medali sebagai pahlawan daerah kepada 20 tokoh yang diwakili ahli waris.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Sebagai wujud penghormatan kepada para tokoh yang telah berjasa membangun daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memberikan penghargaan kepada sejumlah sosok populer di daerah ini. Penghargaan dalam bentuk gelar ”kepahlawanan daerah” tersebut diserahkan kepada 20 pejuang kemerdekaan melalui ahli warisnya, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Riau yang jatuh pada Selasa, 9 Agustus 2016.

"Penghargaan ini kita berikan untuk mengenang jasa-jasa mereka. Karena berkat jerih payah dan nilai perjuangan merekalah, Provinsi Riau dapat terus maju dan berkembang hingga saat ini," kata Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman dalam pidatonya sebelum menyerahkan penghargaan, di Gedung DPRD Provinsi Riau.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman itu menyebut, sudah sangat banyak yang dicapai oleh para pemimpin daerah terdahulu. Para tokoh itu telah meletakkan dasar-dasar dan mendirikan kerangka dari pembangunan yang hasilnya bisa dilihat hari ini, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Menurut gubernur, sesungguhnya jika hanya sekadar penghargaan saja tidak akan cukup untuk membalas jasa para pemimpin terdahulu yang telah banyak berbuat untuk bumi Melayu ini.

"Kita harus meneruskan perjuangan tokoh-tokoh pendahulu kita. Caranya dengan terus berusaha dan berkarya untuk kemakmuran Provinsi Riau sesuai dengan Visi Riau 2020, yakni Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Bathin di Asia Tenggara Tahun 2020," sebut suami Hj Sisilita ini.

	https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25082016/potretnewscom_gsaxt_534.jpg
Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Riau, Selasa (9/8/2016) pagi.

Gubernur Andi Rachman yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau mengemukakan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau beserta pengemban birokrasi, terus-menerus berusaha meningkatkan apa yang menjadi tujuan Riau 2020 dengan dinamika dan perkembangan saat ini.

Berikut nama-nama penerima gelar pahlawan kemerdekaan yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 673/VII/2016 tertanggal 21 Juli 2016 tersebut, : 1. Kolonel Purnawirawan (Purn) Abbas Jamil dari Kabupaten Siak, 2. Abdul Latief Datuk Bandaro Sakti dari Kampar, 3. Brigjen (Purn) Arifin Achmad dari Bengkalis, 4. H Masnur (Purn) dari Bengkalis, 5. H Radja Rusdi BA Kuantan Singingi, 6. Letkol (Purn) Hasan Basri dari Riau, 7. Khadijah Ali dari Riau.

Selanjutnya, 8. Letnan M Boya dari Inhil, 9. Okan Muhamad Jamil dari Bengkalis, 10. Brigjen (Purn) Soebrantas Siswanto dari Bengkalis , 11. Sultan Muhamad Zainal Abidin dari Rohul, 12. Tengku Agung Syarifah Latifah dari Siak, 13. Mayor (Purn) Toha Hanafi dari Inhu, 14. Tulus dari Rengat, 15. Buya Marifat Marjani dari Kuantan Singingi.

Selain itu, 16. Tuan Guru Syekh Abdurrahman Sidiq dari Inhil sebagai pejuang agama Islam, 17. Muhammad Johan dari Kepulauan Meranti, 18. Datuk Wan Abdulrachman dari Pekanbaru dianugerahi gelar pahlawan politik dan pemerintahan, 19. H Daeng Muhayatul dari Kepulauan Meranti. 20. Tenas Effendy dari Pelalawan gelar pahlawan budaya. (adv/sub)

Editor:
Redaksi potretnews.com

wwwwww