Groundbreaking Tol Pekanbaru-Dumai Dilaksanakan Bulan Depan, sebelum Ramadan

Groundbreaking Tol Pekanbaru-Dumai Dilaksanakan Bulan Depan, sebelum Ramadan

Ilustrasi/Proyek jalan tol.

Kamis, 26 Mei 2016 19:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pemerintah Provinsi Riau memastikan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 129 kilometer akan dilakukan Presiden Joko Widodo sebelum bulan Ramadhan tahun ini. Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Masperi di Pekanbaru, Kamis (26/5/2016) mengatakan pihak Sekretaris Negara telah konfirmasi acara tersebut.

"Pihak Setneg telah kita konfirmasi langsung bahwa Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan groundbreaking tol Trans Sumatera sebelum Ramadan atau paling lambat tanggal 6 Juni 2016," terangnya.

Pihaknya, kata Masperi, sejauh ini telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan groundbreaking dari pembangunan ruasa Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sebagai bagian dari tol Trans Sumatera.

Groundbreaking akan mengambil lokasi di pintu masuk gerbang tol dan langsung diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tepatnya di Kelurahan Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

"Acara peletakan batu pertama, persiapannya sudah matang kita lakukan karena sudah dilakukan sejak lama. Bahkan kami tinggal menunggu kepastian kapan waktu bapak Presiden akan datang ke Pekanbaru," ungkapnya.

Dalam Peraturan Presiden (PP) No.100/2014, PT Hutama Karya telah ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan jalan tol Trans Sumatera, terdiri dari empat ruas yang meliputi Lampung-Bakauheni, Pekanbaru-Dumai, Medan-Binjai dan Palembang-Indralaya.

"Khusus jalan tol Pekanbaru-Dumai, rencananya dibangun pada tahun ini. Terdiri dari enam seksi sepanjang 129 kilometer," terang Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemko Pekanbaru, Irma.

Ia melanjutkan, seksi pertama dari Pekanbaru menuju Minas sepanjang 9 kilometer, lalu seksi kedua dengan panjang 24 kilometer dari Minas hingga Petapahan dan seksi tiga 17 kilometer dari Petapahan hingga Kandis.

"Sepanjang 16 kilometer untuk seksi empat hingga Duri Selatan, 28 kilometer seksi lima hingga Duri Utara, dan seksi enam 25 kilometer hingga Dumai. Dari enam seksi itu, terdapat 11 titik pintu masuk tol," jelasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Rimanews.com

wwwwww