Home > Berita > Dumai

Tim Khusus Bareskrim Polri Disebar Awasi Masuknya Mafia Narkoba Internasional Lewat Pelabuhan Dumai

Tim Khusus Bareskrim Polri Disebar Awasi Masuknya Mafia Narkoba Internasional Lewat Pelabuhan Dumai

Ilustrasi/Pelabuhan Dumai.

Sabtu, 30 Januari 2016 23:17 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Bareskrim Mabes Polri akan membentuk tim khusus pengawas beberapa pelabuhan di Dumai, Riau, yang rawan penyelundupan narkotika berjaringan mafia internasional. Pelabuhan resmi dan tidak resmi di Dumai harus diawasi ketat karena merupakan jalur lintasan internasional dan berpotensi dijadikan tempat penyelundupan narkoba, kata Analis Kebijakan Utama Bidang Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Siswand, di Dumai, Sabtu.

Khusus di Dumai akan dibentuk tim khusus pengawasan aktivitas pelabuhan agar petugas segera mengetahui pemasukan barang haram narkoba dari negara luar oleh mafia, katanya.

Dijelaskan, tim khusus Bareskrim ini beranggotakan tidak lebih dari 10 orang dan akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum di Dumai untuk menangkap mafia penyelundup barang haram tersebut melalui perairan.

Menurutnya, penanganan dan pengungkapan perkara narkoba di Dumai oleh aparat hukum setempat yang dimasukkan lewat jalur perairan sudah optimal dan tidak ada istilah kecolongan.

Sebab, diketahui, sejauh ini aparat kepolisian dan instansi terkait lain pernah beberapa kali berhasil mengungkap paket besar narkoba yang diselundupkan melalui pelabuhan tidak resmi di Dumai.

"Kita akan terus mendorong aparat penegak hukum di Dumai untuk maju melawan mafia narkoba dan jangan takut demi menjaga keselamatan hidup para generasi muda," jelasnya.

Mantan Direktur Peran Serta Masyarakat BNN ini mengharapkan aparat hukum daerah lebih tegas dan menggunakan hati nurani dalam menentukan pasal hukuman kepada tersangka narkoba.

Ini bertujuan supaya tidak terjadi kesalahan dalam menetapkan status seseorang yang tertangkap narkoba, apakah sebagai pengedar atau hanya pengguna, agar tidak salah dalam memutuskan hukuman.

"Hukum untuk orang terlibat narkoba ini bisa pidana untuk pengedar dan rehab bagi pecandu, karena itu aparat harus tegas dan menggunakan hati nurani dalam penanganan perkara," sebut dia.

Dia menegaskan agar aparat hukum jangan bermain dengan narkoba dan harus bertindak tegas kepada para pengedar agar tidak ada lagi yang berani menyelundupkan barang haram tersebut.

Brigjen Pol Siswandi hadir di Dumai untuk seminar nasional bertema "Peran dan Fungsi Generasi Muda Kota Dumai dalam Membangun Peradaban yang Lebih Baik dan Bermartabat" diadakan oleh Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT-IB) Kota Dumai. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Dumai, Umum
Sumber:Antarariau.com
wwwwww