Doodle Google Hari Ini adalah Ilmuwan Indonesia Prof Dr Samaun Samadikun, Siapakah Dia?

Doodle Google Hari Ini adalah Ilmuwan Indonesia Prof Dr Samaun Samadikun, Siapakah Dia?

Doodle Google hari ini adalah ilmuwan indonesia Prof Dr Samaun Samadikun.

Jum'at, 15 April 2016 09:38 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Halaman utama Google pada hari ini, Jumat (15/4/2016) dihiasi dengan doodle (tampil di bagian logo, red) untuk memperingati hari lahir insinyur dan ilmuwan asal Indonesia, Prof Dr Samaun Samadikun. Google membuat sketsa wajah Samaun Samadikun dengan latar belakang seperti travo dan kabel-kabel yang melilit. Jika dilihat sekilas, semua unsur itu seperti membentuk tulisan "Google."

Namun, siapa sebenarnya Samaun Samadikun yang dijadikan sebagai Google Doodle hari ini?

Dikutip potretnews.com dari KompasTekno dengan referensi dari halaman Wikipedia, Jumat (15/4/2016), Samaun Samadikun oleh ilmuwan dikenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia. Ia lahir di Magetan pada 15 April 1931.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15042016/potretnewscom_wffuu_344.jpg

Prof Dr Samaun Samadikun (1931 - 2006).

Selama hidupnya, Prof Samaun banyak menulis publikasi ilmiah nasional maupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan serta editor buku "Mikroelektronika".

Pada 1984, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memberikannya penghargaan Adhikara Rekayasa atas jasanya di bidang ilmu pengetahuan. Prof. Samaun juga memperoleh penghargaan medali Pengabdi Ilmiah Nasional (1978), dan Medali Mahaputra Utama (1994) dari pemerintah Indonesia.

Di tingkat internasional, Samaun Samadikun memperoleh "The 1998 Award of the Association of South Eastern Asian Nations (ASEAN)" untuk menghargai dedikasinya di bidang ilmu pengetahuan.

Penghargaan tinggi lainnya yang diterimanya adalah Satya Lencana Karya Satya Kelas I, Hadiah Ilmu Pengetahuan 1979, Satya Lencana Dwidyasistha 1983 dari Menhankam/Pangab saat itu, dan "Meritorious Service Award", ASEAN COST 1999. Prof Dr Samaun Samadikun meninggal di Jakarta pada 15 November 2006 dalam umur 75 tahun. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Kompas.com

Kategori : Teknomotif
wwwwww