Mau Berhenti Merokok? Ternyata Petai Bisa Membantu

Mau Berhenti Merokok? Ternyata Petai Bisa Membantu

ilustrasi

Sabtu, 16 April 2016 11:14 WIB

MAKANAN yang satu ini adalah salah satu makanan khas Indonesia yang harus Anda coba. Apalagi kalau bukan petai. Petai memang memiliki bau yang khas namun diminati banyak orang.

Petai adalah makanan yang sering jadi pro kontra, ada yang sangat suka makan petai ada juga yang sangat benci dengan makanan ini karena baunya. Biasanya setelah makan petai kan menimbulkan nafas yang bau dan urin yang berbau.

Sebelum anda membencinya, sebaiknya Anda tahu lebih dahulu apa saja manfaat dari petai seperti dilansir dari dokter.id. Bahkan petai bisa membantu berhenti merokok.

Berikut adalah manfaat dari makan petai:

1. Kaya serat

Serat pangan dikaitkan dengan menurunkan serum LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan metabolisme glukosa dan respon insulin, yang berarti dengan mengkonsumsi serat akan membantu menjaga kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Selain itu konsumsi serat juga membantu menghindari Anda dari masalah sembelit. Setap porsi 154 gram petai mengandung 131 kkal energi dan 8 gram serat.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Seperti dikatakan diatas petai mengandung serat sehingga membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga tekanan darah agar tidak meningkat.

3. Tinggi kalium

Setengah cangkir petai sarat dengan 224 mg kalium, yang memainkan peran penting dalam kontraksi otot dan transmisi saraf. Hal ini juga membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Tidak heran banyak ahli gizi menasehati agar para olahragawan mengkonsumsi makanan kaya kalium dan mungkin petai salah satunya.

4. Sumber asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung

Petai juga mengandung asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6.

5. Kaya akan vitamin C

Secangkir petai mengandung sekitar 40 mg vitamin C yang berarti cukup untuk memenuhi sekitar setengah dari kebutuhan vitamin harian Anda yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh Anda.

6. Kaya akan kalsium

Setengah cangkir porsi petai mengandung 75 mg kalsium yang penting untuk membangun tulang dan menjaga tulang tetap sehat, menjaga kemampuan pembekuan darah, kemampuan saraf dan kontraksi otot

7. Kaya akan zat besi

Jumlah zat besi dalam petai dengan porsi yang sama adalah 2 mg. Kadar ini penting untuk membuat sel darah Anda tetap sehat sehingga mampu menghantarkan oksigen.

8. Melawan depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND (sebuah lembaga penelitian) pada individu yang berjuang melawan depresi merasa membaik setelah mengkonsumsi petai.

Hal ini dikarenakan petai mengandung triptofan, sejenis protein yang ada dalam tubuh menjadi serotonin yang membantu Anda untuk lebih santai, meningkatkan suasana hati Anda dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

9. Membantu untuk berhenti merokok

Apakah Anda sedang berjuang untuk berhenti dari kebiasaan buruk yaitu merokok, dan ingin cara alternatif yang murah dan alami untuk membantu menghentikan kecanduan merokok.

Maka cobalah petai, kandungan vitamin B6 dan B12 yang terkandung dalam petai bersama dengan kalium dan magnesium akan membantu perasaan tubuh yang tidak enak karena efek berhenti merokok.

10. Membantu menyembuhkan mabuk

Apabila Anda atau ada orang terdekat Anda yang sedang mabuk. Cobalah membuat milkshake dari petai, madu dan susu. Karena dianggap untuk membantu menenangkan lambung, memperbaiki kadar glukosa darah dan kadar cairan dalam tubuh Anda

11. Kaya akan vitamin A

Setiap 100 mg petai mengandung vitamin A sebanyak 200 IU. Seperti yang kita ketahui vitamin A penting untuk kesehatan kornea.

Ada banyak manfaat dari makan petai, jadi jangan menghindari untuk makan petai mulai dari sekarang. Namun perlu diingat juga saat makan petai berlebihan akan menimbulkan bau yang membuat orang sekitar mungkin akan terganggu. Jadi jangan membenci petai dan jangan makan berlebihan.***

(wawan s)
Kategori : Kesehatan
Sumber:tribunnews.com
wwwwww